RSS

Karakter Umat Messiah

27 Agu

Sabtu, 18 Agustus 2012
2 Timotius 3:1-2
2Ti 3:1  But know this, that in the last days hard times shall come.
pada hari2 akhir, kehidupan akan terasa sulit, kalo melihat konteks, bukanlah soal sulit karena faktor luar misal lingkungan, polusi, ekonomi yang memburuk dll, tetapi lebih karena alasan2 yang dituliskan ayat2 berikutnya, yang bahkan terjadi di antara orang percaya, yaitu :

2Ti 3:2  For men shall be lovers of self, lovers of money, boasters, proud, blasphemers, disobedient to parents, thankless, wrong-doers,
lovers of self ==> mencintai diri sendiri. adalah hal yang wajar mencintai diri sendiri karena itulah yang mendorong bertahan hidup, misal makan, bernafas, bekerja, menikah, membela diri dll, namun nampaknya ada sisi yang jauh lebih buruk yaitu hanya mencintai diri sendiri, kasih (pemberian) hanya ditujukan untuk diri sendiri dan melupakan sama sekali tentang orang lain, kepedulian kepada orang lain hilang sama sekali.

lovers of money ==> uang menjadi tolok ukur segalanya, penghormatan hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki uang/nampak kaya karena itu menjadi lingkaran setan yang terus-menerus, semakin sering penghormatan hanya diberikan kepada orang kaya, makin besar keinginan orang menjadi kaya supaya memperoleh penghormatan, demikian seterusnya.

boasters ==> orang2 yang memegahkan diri, suka menyombongkan diri, suka pamer, suka kelihatan kaya, suka kelihatan pintar, suka tampil tampan/cantik secara fisik dan melupakan kecantikan batiniah.
(27 agustus 2012)

proud ==> orang2 yang suka membangga-banggakan miliknya
blasphemers ==> suka mengutuk, suka mengumpat, suka menghujat,
disobedient to parents ==> suka memberontak kepada orang tua, biasanya juga tidak taat pada otoritas apapun yang terlihat (aturan lingkungan, aturan negara/pemerintah) dan kebanyakan juga tidak taat pada figur2 otoritas yang tidak terlihat/abstrak yaitu Tuhan.
thankless ==> tidak tahu terima kasih, tidak bisa sadar bahwa dia membutuhkan pertolongan sehingga tidak bisa bersyukur sudah ditolong, demikian juga tidak bisa bersyukur kepada Tuhan yang tidak kelihatan.
wrong doers ==> mudah sekali berbuat jahat, karena didesain begitu.

2Ti 3:3  unloving, unforgiving, slanderers, without self-control, fierce, haters of good,
2Ti 3:4  betrayers, reckless, puffed up, lovers of pleasure rather than lovers of Elohim,
2Ti 3:5  having a form of reverence1 but denying its power. And turn away from these!

unloving ==> tidak bisa memberi sesuatu yang baik kepada orang lain, merasa sulit utk memberi kepada orang lain
unforgiving ==> tidak bisa/sulit utk mengampuni, tidak bisa merelakan mengalami kesusahan yang diakibatkan kesalahan orang lain.
slanderers ==> suka memfitnah, bersaksi dusta
without self-control ==> tidak bisa mengendalikan diri, baik perkataan maupun perbuatan, sehingga banyak menimbulkan perselisihan/permusuhan dengan orang lain.
fierce ==> suka permusuhan, kalo debat sengit, tujuannya bukan membahas topik melainkan demi harga diri sampai lawan debat kalah secara personal (bukan scr intelektual), bisa juga menggambarkan orang2 yang kejam dalam tindakan/sadis.
haters of good ==> tidak suka yang baik, ada kebencian di dalam hati jika melihat kebaikan ada di sekitarnya.
betrayers ==> pengkhianat, rentan berkhianat, tidak loyal/setia kepada sesama manusia, menunjukkan juga bahwa dia tidak setia kepada Tuhan,
reckless ==> sembrono, serampangan, ugal-ugalan, perilaku yang tidak bertanggung jawab,
puffed up ==> sombong, congkak, angkuh
lovers of pleasure daripada lovers of Elohim ==> mencintai pesta pora, manusia diciptakan dengan kemampuan untuk menikmati sesuatu, misal manusia makan bukan sekedar bertahan hidup, melainkan mengingini yang rasanya enak, manusia bisa menikmati relasi fisik dengan pasangan, bukan sekedar supaya menghasilkan keturunan, namun kemampuan ini dieksploitasi oleh dosa sehingga mengakibatkan bahwa kenikmatan itu menjadi ilah, segala sesuatu yang tidak nikmat tidak akan mau mereka lakukan. mereka takkan mau susah2 untuk melakukan sesuatu yang benar, tidak mau membayar harga ketaatan. Tuhan yang menciptakan kemampuan menikmati, namun batasannya adalah apakah dalam menikmati sesuatu itu saya sedang mengasihi Elohim/Tuhan atau tidak. Kalo kenikmatan yang kita rasakan bertentangan dengan Tuhan maka saat itulah hal itu merupakan kenikmatan yang salah.
having a form of reverence1 but denying its power. And turn away from these!
==> tampil sebagai orang yang beriman kepada Yesus, namun sebenarnya tidak percaya kepada kuasa ilahi dan karenanya tidak mengalami kehidupan yang penuh kuasa surgawi, tidak bisa dan tidak mau melawan dosa,  jika tampil baik pasti dalam kehidupannya yang tersembunyi dari orang lain ada dosa2 yang tersimpan dan tidak diselesaikan.

2Ti 3:7  always learning and never able to come to the knowledge of the truth.
==> sama seperti orang beriman yang lain, mereka ini terus belajar Firman Tuhan,  namun tidak pernah bisa mengerti kebenaran, pemahaman alkitab hanya sebagai pengetahuan namun tidak merubah hidup/karakter/watak, menjadi bukti bahwa dia bukanlah pohon yang baik, pohon yang baik buahnya pasti baik.
==> salah satu bentuknya adalah merasa terancam jika orang lain memiliki pengetahuan alkitab yang lebih banyak daripada dia, dan karena akarnya adalah harga diri maka dia hanya indah dalam kata2, sedangkan perbuatannya busuk.

dan rasul memerintahkan supaya kita berpaling dari semua perilaku di atas, sebagai orang beriman tidak wajar jika memiliki kehidupan spt itu.
==> yang penting adalah kemauan dan sikap utk berjuang menanggalkan sikap dan perilaku di atas, tidak ada orang sempurna ketika lahir, karena itu pasti ada cacat di sana-sini, itulah hidup di dalam anugerah, kitapun masuk surga bukan karena sempurna melakukan kebaikan melainkan mau diselamatkan oleh Yesus, yang sempurna.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 27, 2012 in Doktrin/PA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: