RSS

Anda tobat?? Mana buktinya??

23 Agu

(Luk 19:10) Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”

Dalam Alkitab kita menjumpai bahwa Tuhan Yesus sangat menyukai menggunakan perumpamaan dalam mengajar orang banyak. Pengajaran yang jelas hanya diberikan kepada ke-12 murid-Nya (Luk 8:10). Terdapat catatan kira-kira 4.000 perumpamaan yang diajarkan oleh para rabi. Pengajaran-Nya menarik orang banyak sebab dipenuhi kuasa bukan hanya hikmat manusia (Mat 7:29). Zakheus sangat tertarik dengan Yesus dan ia berusaha melihat-Nya. Usahanya naik pohon berbuah manis, Yesus memberi kehormatan mampir ke rumahnya. Lalu mengapa dikatakan Yesus mencari yang hilang sedangkan Zakheuslah yang mencari Yesus??

Kasih bukanlah perasaan yang abstrak. Kasih dalam bahasa Ibrani berarti “memberi”, sebuah tindakan yang aktif. Oleh karena itu Yesus menyebut siapa yang mengasihi-Nya pasti melakukan perintah-Nya (Yoh 14:21). Yesus mengasihi manusia, karena itu Dia datang ke dunia dan menderita segala kesusahan demi kita. Dia berjalan di tengah-tengah Israel dan memberitakan keselamatan. Dia menantikan respon yang benar dari pendengarnya. Kalo orang banyak itu merindukan keselamatan mereka akan mencari Yesus untuk makna perumpamaan itu seperti para murid-Nya, bukan hanya untuk memperoleh roti. Zakheus berespon benar dan menunjukkan kerinduannya akan kebenaran dengan berusaha naik pohon untuk mendengarkan-Nya. Pertobatannya dibuktikan dengan perubahan drastis dari seorang pemungut cukai yang cinta uang menjadi dermawan (ayat 8-9).

Pertobatan pasti membawa perubahan besar yang bisa dilihat oleh orang lain, sebab semua orang sudah berdosa (Rom 3:23) dan pasti tiap orang memiliki cacat-cacat baik yang mudah terlihat ataupun tidak (1 Tim 5:24). Lalu perubahan apa yang Anda alami setelah Anda bertobat dan percaya Yesus??

Doa:

Tuhan, dalam hidup kami bagian mana yang membuat Engkau berduka? Nyatakan ya Tuhan supaya aku bertobat dan merubahnya. Berikan kuasa-Mu, tutup bungkus dengan darah-Mu. Amin.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 23, 2012 in Doktrin/PA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: