RSS

Console Desktop Manager

21 Agu



Trouble pada VGA laptop saya, GeForce 8400M G memang membawa berkat. Seperti yang dikatakan Roma 8:28, Ia dapat memakai kemalangan kita untuk kebaikan kita. Nah, apa manfaat dari kerusakan VGA itu? Saya jadi dipaksa ngerti lumayan banyak tentang penggunaan console, dan bahkan ketagihan console, terutama memutar MP3 dengan mplayer di console, low resource and stabil. (note: Ni saya pake realtime kernel 2.6.31, PulseAudio kadang crash shg Banshee pun bikin emosi kalo dipakai, kadang suaranya berhenti, sedang seek bar-nya spt kalo playback 4x, haha). Eh, selain itu artikel ini juga berguna bagi Anda yang memiliki laptop tua yang tidak mungkin diinstall OS modern dengan tampilan ciamik, komputer uzur anda masih bisa berguna.

Permasalahan pertama yang harus dipecahkan adalah bagaimana memakai modem AHA saya untuk menyambung ke internet, sudah saya bahas di sini, http://danangdk.blog.uns.ac.id/2011/07/04/setup-modem-aha-huawei-ec167-di-ubuntu/. Setelah saya bisa kembali pakai X, saya malah ketagihan pake wvdial, sebab low resource, daripada pake software bawaan AHA yang pake emulasi, lemot. Permasalahan pertama selesai.

Ubuntu memiliki 6 login screen yang disebut tty1->6. Jadi kalo kita login pake console sebenarnya ada enam jalur yang bisa dipakai, jadi ada 6 terminal, anda bisa mengaksesnya dengan menekan tombol Alt+F1 sampai Alt+F6 atau dengan Alt+panah kanan kiri. Karena ada enam terminal maka Anda memperoleh enam program yang bisa jalan bersama, anda bisa menambah dengan fg dan bg sehingga program bisa ditarik ke background dan foreground, namun sayang tidak semua program bisa diperlakukan begitu, contohnya saja mplayer, karena dia akan terus mengeluarkan output ke console demikian juga dengan ping. Nah disinilah ada kebutuhan untuk sebuah desktop manager yang bisa digunakan di console. Jadi Anda tidak perlu beralih terminal untuk berpindah program, anda bisa menjalankan banyak terminal dalam satu jendela, seperti apa tampilannya? Ini dia, DVTM (Dynamic Virtual Terminal Manager), anda bisa menginstallnya dari repo standar dengan mengetikkan $sudo apt-get install dvtm .

lalu pada terminal ketikkan $dvtm

Setelah itu ketikkan perintah Anda, misal saya memberi contoh menyambung internet dengan wvdial, memutar MP3 dengan mplayer dan membuka facebook dengan lynx, (6 Juli 2011, pagi) seperti berikut:

Selain itu anda bisa membuka PDF dengan $fbgs -c , Gambar (PNG, JPG, GIF dll) dengan $zgv bahkan anda bisa memutar video dengan $mplayer (dengan driver standar framebuffer mplayer hanya memutar sesuai resolusi video, jadi tak ada scaling/zoom/fullscreen , untuk kualitas lebih baik gunakan svga , namun Anda harus menggunakan akses akun root, $sudo mplayer -vo svga (nama file)

Ohya, fbgs tidak compatible dengan dvtm, jadi kalo mau buka PDF Alt+panah kanan kiri utk buka di terminal baru.

Buka PDF:

Nonton Film dengan mplayer (not fullscreen)

Buka Foto dengan zgv

Nonton Film Fullscreen, dengan svga mplayer

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

artikel ini first hit on google, haha

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 21, 2012 in GNU/Linux

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: