RSS

Benarkah Rut adalah Orang Moab?

16 Agu

Benarkah Rut adalah Orang Moab?

Disusun Oleh Danang Dwi Kristiyanto.

danang_kristiyanto@yahoo.com

(Artikel Versi Final) 29 Oktober 2011

Lisensi Creative Commons
Benarkah Rut adalah Orang Moab? by Danang Dwi Kristiyanto is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di Danangdk.co.cc

Lisensi Creative Commons => Anda bebas mendistribusikan artikel ini namun Anda tidak saya ijinkan menggunakannya untuk tujuan komersial dan Anda tidak saya ijinkan untuk melakukan pengubahan apapun atas artikel ini. Saya mengklaim bahwa artikel ini adalah murni hasil karya saya dengan bantuan berbagai sumber.

Menurut Lukas 3:32 Boaz dan Obed masuk di dalam silsilah Juruselamat. Dan dari buku Rut kita tahu bahwa Boaz menikah dengan Rut dan memperanakkan Obed. Rut sering dikatakan sebagai orang Moab yang bertobat kepada Tuhan Israel, YAHWEH. Benarkah demikian? Artikel ini akan membuktikan kebenaran pernyataan tersebut.

Rut 1:1,4 (TB-LAI)

Rut 1:1 Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing.

Rut 1:4 Keduanya mengambil perempuan Moab: yang pertama bernama Orpa, yang kedua bernama Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya.

Dari kedua ayat ini jelas tertulis Rut adalah orang Moab. Namun mari melihat pengajaran Taurat tentang orang Moab.

Ulangan 23:3 (The Scriptures 1998+)

An Ammonite or Mo’aḇite does not enter the assembly of יהוה, even a tenth generation of them does not ever enter the assembly of יהוה,

Ulangan 23:3 (TB-LAI)

Ulg 23:3 Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya,

Jelas-jelas dikatakan YAHWEH sendiri bahwa keturunan Amon dan Moab tidak boleh masuk jemaah YAHWEH, sebuah hukuman yang telak. Bahkan sampai keturunan ke 10 pun tidak boleh. Kata selama-lamanya berasal dari kata עד עולם, ad olam yang artinya menurut kamus Strong sebagai berikut:

Strong’s H5704,

עד,

ad, ad

Properly the same as H5703 (used as a preposition, adverb or conjugation; especially with a preposition); as far (or long, or much) as, whether of space (even unto) or time (during, while, until) or degree (equally with): – against, and, as, at, before, by (that), even (to), for (-asmuch as), [hither-] to, + how long, into, as long (much) as, (so) that, till, toward, until, when, while, (+ as) yet.

Strong’s H5769, עלם עולם

ôlâm ‛ôlâm,

o-lawm’, o-lawm’

From H5956; properly concealed, that is, the vanishing point; generally time out of mind (past or future), that is, (practically) eternity; frequentative adverbially (especially with prepositional prefix) always: – always (-s), ancient (time), any more, continuance, eternal, (for, [n-]) ever (-lasting, -more, of old), lasting, long (time), (of) old (time), perpetual, at any time, (beginning of the) world (+ without end). Compare H5331, H5703.

Kata olam memang tidak selalu diartikan selamanya ,bisa berarti sejauh waktu yang bisa dipikirkan. Namun bagi orang Israel yang sangat memegang Taurat tentu mereka memahami akibat hukuman YAHWEH kepada pernikahan campuran dengan bangsa-bangsa bukan Yahudi.

Bilangan 25:6 (TB-LAI)

Bil 25:6 Kebetulan datanglah salah seorang Israel membawa seorang perempuan Midian kepada sanak saudaranya dengan dilihat Musa dan segenap umat Israel yang sedang bertangis-tangisan di depan pintu Kemah Pertemuan.

Bil 25:7 Ketika hal itu dilihat oleh Pinehas, anak Eleazar, anak imam Harun, bangunlah ia dari tengah-tengah umat itu dan mengambil sebuah tombak di tangannya,

Bil 25:8 mengejar orang Israel itu sampai ke ruang tengah, dan menikam mereka berdua, yakni orang Israel dan perempuan itu, pada perutnya. Maka berhentilah tulah itu menimpa orang Israel.

Bil 25:9 Orang yang mati karena tulah itu ada dua puluh empat ribu orang banyaknya.

Dua puluh empat ribu orang mati kena tulah karena mereka kawin campur dengan orang-orang Midian. Bileamlah yang menasehati orang-orang Moab dan Midian bagaimana caranya mengalahkan dan mengutuk orang Israel yaitu dengan kawin campur karena kecemaran ini akan dimurkai YAHWEH karena Bileam menyadari bahwa Israel adalah bangsa yang diberkati.

Bilangan 23:7-8 (TB-LAI)

Bil 23:7 Lalu Bileam mengucapkan sanjaknya, katanya: “Dari Aram aku disuruh datang oleh Balak, raja Moab, dari gunung-gunung sebelah timur: Datanglah, katanya, kutuklah bagiku Yakub, dan datanglah, kutuklah Israel.

Bil 23:8 Bagaimanakah aku menyerapah yang tidak diserapah Allah? Bagaimanakah aku mengutuk yang tidak dikutuk TUHAN?

Jadi tidak mungkin bagi orang Israel untuk melakukan kawin campur dengan orang Moab. Aneh rasanya bagi orang Israel untuk bisa menerima pernikahan Rut dan Boaz untuk meneruskan garis keturunan Elimelek, suami Naomi, bila mereka mengetahui bahwa Rut adalah orang Moab. Padahal Tuhan YAHWEH jelas-jelas melarang masuknya orang Moab ke dalam jemaah-Nya. Kalau memang Rut adalah orang Moab maka Tuhan YAHWEH akan menerima tuduhan yang serius sebagai Tuhan yang bodoh dan tidak punya kuasa mempertahankan kebenaran-Nya sendiri. Sebelumnya Ia melarang orang Moab masuk jemaat-Nya dan sekarang Ia mengizinkannya dan malahan orang Moab itu menjadi orang yang penting dalam menurunkan YAHU’SHUAH HaMASIACH, Putra-Nya yang turun ke bumi. Bukankah itu mencemarkan garis keturunan Messias??? Tentu masuknya Perez anak Yehuda dalam silsilah Messias bisa juga menimbulkan pertanyaan karena penodaan Yehuda kepada Tamar, ibu Perez. Namun peristiwa itu terjadi karena Yehuda melanggar hukum Levirat untuk memberikan putra terakhirnya Syela kepada Tamar untuk meneruskan garis keturunan Yehuda. Sebelumnya Er dan Onan mati ketika menjadi suami Tamar.

Kejadian 38:11 (TB-LAI)

Kej 38:11 Lalu berkatalah Yehuda kepada Tamar, menantunya itu: “Tinggallah sebagai janda di rumah ayahmu, sampai anakku Syela itu besar,” sebab pikirnya: “Jangan-jangan ia mati seperti kedua kakaknya itu.” Maka pergilah Tamar dan tinggal di rumah ayahnya.

Tindakan Tamar untuk meminta keturunan dari Yehuda dengan cara menyundalkan dirinya memang bisa dipandang sebagai kecemaran, namun karena ia sedang menaati Taurat dan melakukan segala upaya supaya tuntutan Taurat itu dipenuhi maka nampaknya hal itu membuat dia menjadi orang yang dibenarkan oleh Tuhan.

Kembali kepada cerita tentang Rut. Mari melihat beberapa penjelasan yang bisa mengatasi kontradiksi-kontradiksi di atas.

Bilangan 21:13 (TB-LAI)

Bil 21:13 Dari situ berangkatlah mereka, lalu berkemah di seberang sungai Arnon yang di padang gurun dan yang keluar dari daerah orang Amori, sebab sungai Arnon ialah batas Moab, di antara orang Moab dan orang Amori.

Di sini disebutkan bahwa orang Israel pergi dari wilayah Moab dan memasuki wilayah orang Amori yang merupakan keturunan Kanaan. Sedangkan Amon dan Moab adalah anak-anak Lot.

Kejadian 19:36; 10:15,16 (TB-LAI)

Kej 19:36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka.

Kej 19:37 Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapa orang Moab yang sekarang.

Kej 19:38 Yang lebih mudapun melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ben-Ami; dialah bapa bani Amon yang sekarang.

Kej 10:15 Kanaan memperanakkan Sidon, anak sulungnya, dan Het,

Kej 10:16 serta orang Yebusi, orang Amori dan orang Girgasi;

Kemudian bangsa Amori dibinasakan oleh Israel dan diduduki dan karena mereka menyerang Israel.

Bilangan 21:21-26 (TB-LAI)

Bil 21:21 Kemudian orang Israel mengirim utusan kepada Sihon, raja orang Amori, dengan pesan:

Bil 21:22 “Izinkanlah kami melalui negerimu; kami tidak akan menyimpang masuk ke ladang-ladang dan kebun-kebun anggurmu, kami tidak akan minum air sumurmu, di jalan besar saja kami akan berjalan, sampai kami melalui batas daerahmu.”

Bil 21:23 Tetapi Sihon tidak mengizinkan orang Israel berjalan melalui daerahnya, bahkan ia mengumpulkan seluruh laskarnya, lalu keluar ke padang gurun menghadapi orang Israel, dan sesampainya di Yahas berperanglah ia melawan orang Israel.

Bil 21:24 Tetapi orang Israel mengalahkan dia dengan mata pedang dan menduduki negerinya dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok, sampai kepada bani Amon, sebab batas daerah bani Amon itu kuat.

Bil 21:25 Dan orang Israel merebut segala kota itu, lalu menetaplah mereka di segala kota orang Amori, di Hesybon dan segala anak kotanya.

Bil 21:26 Sebab Hesybon ialah kota kediaman Sihon, raja orang Amori; raja ini tadinya berperang melawan raja Moab yang lalu, dan merebut dari tangannya seluruh negerinya sampai ke sungai Arnon.

Jadi Israel mengalahkan orang Amori dan menduduki wilayahnya, dari sungai Yabok (searah timur-barat Yordan, sebelah utara Laut Mati) sampai ke timur tapal batas bangsa Amon, saudara Moab. Wilayah di antara sungai Yordan dan Laut Mati di barat sampai batas timur di wilayah Amon termasuk wilayah di sebelah utara Arnon sampai ke sungai Yabok menjadi milik Israel. Israel menduduki wilayah Amori yang dahulunya dikenal sebagai wilayah Moab, yaitu sampai sungai Arnon.

Seluruh wilayah Amori dibinasakan dan diduduki, tidak ada yang dibiarkan selamat.

Ulangan 2:32-37 (TB-LAI)

Ulg 2:32 Kemudian Sihon dan seluruh tentaranya maju mendatangi kita, untuk berperang dekat Yahas,

Ulg 2:33 tetapi TUHAN, Allah kita, menyerahkan dia kepada kita, sehingga kita mengalahkan dia dengan anak-anaknya dan seluruh tentaranya.

Ulg 2:34 Pada waktu itu kita merebut segala kotanya dan menumpas penduduk setiap kota: laki-laki dan perempuan serta anak-anak. Tidak ada seorangpun yang kita biarkan terluput;

Ulg 2:35 hanya hewan kita rampas bagi kita sendiri, seperti juga jarahan dari kota-kota yang telah kita rebut.

Ulg 2:36 Mulai dari Aroer, di tepi sungai Arnon, dan kota di lembah itu, sampai Gilead tidak ada kota yang bentengnya terlalu kuat bagi kita; sebab TUHAN, Allah kita, menyerahkan semuanya kepada kita.

Ulg 2:37 Hanya negeri bani Amon tidak engkau dekati, baik sungai Yabok sepanjang tepinya maupun kota-kota di pegunungan, tepat seperti yang dilarang TUHAN, Allah kita.”

Lalu apa yang dilakukan orang-orang Israel berkenaan dengan wilayah di sebelah timur sungai Yordan yang sudah diduduki itu?

Bilangan 32:1-5 (TB-LAI)

Bil 32:1 Adapun bani Ruben dan bani Gad ternaknya banyak, bahkan sangat banyak sekali. Ketika mereka melihat tanah Yaezer dan tanah Gilead, tampaklah tempat itu tempat yang baik untuk peternakan.

Bil 32:2 Lalu datanglah bani Gad dan bani Ruben dan berkata kepada Musa, imam Eleazar dan para pemimpin umat itu:

Bil 32:3 “Atarot, Dibon, Yaezer, Nimra, Hesybon, Eleale, Sebam, Nebo dan Beon,

Bil 32:4 negeri yang telah dikalahkan oleh TUHAN untuk umat Israel, itulah suatu negeri yang baik untuk peternakan dan hamba-hambamu ini memang ada ternaknya.”

Bil 32:5 Lagi kata mereka: “Jika kami mendapat kasihmu, biarlah negeri ini diberikan kepada hamba-hambamu ini sebagai milik; janganlah kami harus pindah ke seberang sungai Yordan.”

Musa dan Tuhan mengizinkan suku Ruben, suku Gad dan setengah suku Manaseh untuk memiliki milik pusaka di wilayah timur Yordan asal mereka ikut berperang dengan saudara-saudaranya yang lain merebut Kanaan.

Bilangan 32:33-42 (TB-LAI)

Bil 32:33 Lalu Musa memberikan kepada mereka, kepada bani Gad, kepada bani Ruben dan kepada setengah suku Manasye bin Yusuf: kerajaan Sihon, raja orang Amori, dan kerajaan Og, raja Basan, yakni negeri mereka beserta kota-kotanya di seluruh negeri itu, dengan daerah-daerah setiap kota itu.

Bil 32:34 Maka bani Gad membangun kota-kota Dibon, Atarot, Aroer,

Bil 32:35 Atarot-Sofan, Yaezer, Yogbeha,

Bil 32:36 Bet-Nimra, Bet-Haran, sebagai kota-kota yang berkubu dan sebagai tempat kandang-kandang kambing domba.

Bil 32:37 Dan bani Ruben membangun kota-kota Hesybon, Eleale, Kiryataim,

Bil 32:38 Nebo, Baal-Meon, –dengan mengganti nama-namanya–dan Sibma; dan mereka memberi nama lain kepada kota-kota yang dibangun mereka itu.

Bil 32:39 Bani Makhir bin Manasye pergi ke Gilead; mereka merebutnya dan menghalaukan orang Amori yang ada di sana.

Bil 32:40 Lalu Musa memberikan Gilead kepada Makhir bin Manasye dan diamlah ia di sana.

Bil 32:41 Yair, anak Manasye, pergi merebut dusun-dusunnya dan menamainya Hawot-Yair.

Bil 32:42 Nobah pergi merebut Kenat dengan segala anak kotanya dan menamainya Nobah menurut namanya sendiri.

Fakta ini juga dijelaskan dalam Kitab Yoshua 13:

Yosua 13:8-32 (TB-LAI)

Yos 13:8 Bersama-sama dengan suku Manasye yang setengah lagi, orang Ruben dan orang Gad telah menerima milik pusaka mereka, yang telah diberikan Musa kepada mereka di sebelah timur sungai Yordan, seperti yang ditentukan Musa, hamba TUHAN itu, kepada mereka,

Yos 13:9 yakni mulai dari Aroer, yang di tepi sungai Arnon, kota pada pertengahan sungai itu, dan seluruh dataran tinggi, dari Medeba sampai ke Dibon;

Yos 13:10 dan segala kota Sihon, raja orang Amori, yang berkerajaan di Hesybon, sampai ke daerah orang Amon;

Yos 13:11 selanjutnya Gilead dan daerah orang Gesur dan orang Maakha, serta seluruh gunung Hermon dan seluruh tanah Basan sampai ke Salkha,

Yos 13:12 seluruh kerajaan Og di Basan, yang memerintah di Asytarot dan Edrei, dialah yang tinggal hidup dari sisa-sisa orang Refaim yang telah dikalahkan dan dihalau oleh Musa.

Yos 13:13 Tetapi orang Israel tidak menghalau orang Gesur dan orang Maakha itu, sehingga Gesur dan Maakha masih tetap diam di tengah-tengah Israel sampai sekarang.

Yos 13:14 Hanya kepada suku Lewi tidak diberikan milik pusaka: yang menjadi milik pusakanya ialah TUHAN, Allah Israel, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.

Yos 13:15 Kepada suku bani Ruben, menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini:

Yos 13:16 daerah kepunyaan mereka mulai dari Aroer yang di tepi sungai Arnon, kota pada pertengahan sungai itu, dan seluruh dataran tinggi dekat Medeba;

Yos 13:17 Hesybon dan segala kotanya, yang di dataran tinggi, yakni Dibon, Bamot-Baal, Bet-Baal-Meon,

Yos 13:18 Yahas, Kedemot, Mefaat,

Yos 13:19 Kiryataim, Sibma, Zeret-Hasahar di atas gunung di lembah itu,

Yos 13:20 Bet-Peor, lereng-lereng gunung Pisga, Bet-Yesimot,

Yos 13:21 selanjutnya segala kota di dataran tinggi itu dan seluruh kerajaan Sihon, raja orang Amori, yang memerintah di Hesybon, yang dikalahkan oleh Musa; bersama-sama dia juga dikalahkannya raja-raja Midian, yakni Ewi, Rekem, Zur, Hur dan Reba, raja-raja bawahan Sihon, penduduk negeri itu.

Yos 13:22 Juga Bileam bin Beor, juru tenung itu, telah dibunuh oleh orang Israel dengan pedang, beserta orang-orang yang telah mati tertikam oleh mereka.

Yos 13:23 Jadi batas daerah bani Ruben ialah sungai Yordan dengan daerah pinggirnya. Itulah milik pusaka bani Ruben menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.

Yos 13:24 Kepada suku Gad, yakni kepada bani Gad menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini:

Yos 13:25 daerah kepunyaan mereka ialah Yaezer dan segala kota negeri Gilead, serta setengah negeri orang Amon sampai ke Aroer, yang di sebelah timur Raba,

Yos 13:26 yakni mulai dari Hesybon sampai ke Ramat-Mizpa dan Betonim, dan dari Mahanaim sampai ke daerah Debir;

Yos 13:27 dan di lembah: Bet-Haram, Bet-Nimra, Sukot dan Zafon, sisa kerajaan Sihon, raja Hesybon; sungai Yordan dengan daerah pinggirnya, sampai ke ujung danau Kineret, di sebelah timur sungai Yordan.

Yos 13:28 Itulah milik pusaka bani Gad menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.

Yos 13:29 Kepada suku Manasye yang setengah itu, yakni kepada puak bani Manasye yang setengah itu, menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini:

Yos 13:30 daerah mereka mulai dari Mahanaim: seluruh Basan, seluruh kerajaan Og, raja Basan, dan segenap Hawot-Yair, yang di Basan itu, enam puluh kota banyaknya;

Yos 13:31 selanjutnya setengah Gilead, Asytarot dan Edrei, kota-kota kerajaan Og di Basan, menjadi bagian bani Makhir, anak Manasye, yaitu bagian setengah bani Makhir menurut kaum-kaum mereka.

Yos 13:32 Itulah semuanya yang dibagikan Musa sebagai milik pusaka di dataran Moab di sebelah timur sungai Yordan dekat Yerikho.

Nah, ketika Israel menyeberang Yordan ke arah barat disebutlah bahwa mereka melintasi wilayah yang disebut dataran Moab, di dekat Yeriko. Padahal wilayah itu telah menjadi milik Suku Ruben, Gad dan Manashe yang setengah. Jadi istilah dataran Moab tidak berarti wilayah bangsa Moab melainkan wilayah Israel yang dahulu adalah milik Moab saat dikuasai Amori.

Bilangan 33:48-51 (TB-LAI)

Bil 33:48 Mereka berangkat dari pegunungan Abarim, lalu berkemah di dataran Moab di tepi sungai Yordan dekat Yerikho.

Bil 33:49 Mereka berkemah di tepi sungai Yordan, dari Bet-Yesimot sampai ke Abel-Sitim di dataran Moab.

Bil 33:50 TUHAN berfirman kepada Musa di dataran Moab di tepi sungai Yordan dekat Yerikho:

Bil 33:51 “Berbicaralah kepada orang Israel dan katakanlah kepada mereka: Apabila kamu menyeberangi sungai Yordan ke tanah Kanaan,

Bilangan 33:50 (KJV)

Bil 33:50 And the LORD spake unto Moses in the plains of Moab by Jordan near Jericho,

Bahkan sampai pembuangan oleh raja Tiglat-Pilneser pun wilayah Gilead itu tetap menjadi wilayah Ruben, Gad dan Manasye yang setengah. Mereka dibuang oleh raja Assyria.

1 Tawarikh 5:6-18 (TB-LAI)

1Tw 5:6 anak orang ini ialah Beera yang diangkut ke dalam pembuangan oleh Tilgat-Pilneser, raja Asyur; dialah pemimpin orang Ruben.

1Tw 5:7 Saudara-saudaranya menurut kaum-kaumnya, seperti tercatat dalam silsilah menurut keturunan mereka, ialah Yeiel, kepala, lalu Zakharia,

1Tw 5:8 dan Bela bin Azas bin Sema bin Yoel; dialah yang diam di Aroer dan wilayahnya sampai ke Nebo dan Baal-Meon.

1Tw 5:9 Dan ke sebelah timur wilayahnya sampai ke pinggir padang gurun yang terbentang mulai dari sungai Efrat, sebab ternak mereka telah bertambah banyak di tanah Gilead.

1Tw 5:10 Di zaman Saul mereka melakukan perang melawan orang Hagri; setelah orang-orang ini jatuh ke dalam tangan mereka, maka mereka diam di kemah-kemah orang-orang itu di seluruh sisi timur Gilead.

1Tw 5:11 Bani Gad diam berbatasan dengan mereka di tanah Basan sampai Salkha.

1Tw 5:12 Yoel adalah kepala dan Safam orang kedua; juga Yaenai dan Safat diam di Basan.

1Tw 5:13 Saudara-saudara mereka menurut puak-puak mereka ialah Mikhael, Mesulam, Syeba, Yorai, Yakan, Ziya dan Eber, tujuh orang.

1Tw 5:14 Itulah anak-anak Abihail bin Huri bin Yaroah bin Gilead bin Mikhael bin Yesisai bin Yahdo bin Bus.

1Tw 5:15 Ahi bin Abdiel bin Guni ialah salah seorang kepala puak mereka.

1Tw 5:16 Mereka diam di Gilead, di Basan, dan di segala anak kotanya dan di segala tanah penggembalaan Saron sampai ke ujung-ujungnya.

1Tw 5:17 Mereka sekalian dicatat dalam silsilah pada zaman Yotam, raja Yehuda, dan pada zaman Yerobeam, raja Israel.

1Tw 5:18 Dari bani Ruben, orang Gad dan setengah suku Manasye ada empat puluh empat ribu tujuh ratus enam puluh orang yang sanggup berperang, orang-orang yang tangkas, yang dapat memanggul perisai dan pedang dan melentur busur panah, yang terlatih dalam bertempur.

Jadi daerah Moab yang terdapat dalam Rut 1:1 bukanlah merujuk kepada negeri di mana bangsa Moab tinggal melainkan wilayah Israel, dan orang-orang yang tinggal di sana pun bangsa Israel, bukan Moab.

Sampai sekarang belum ada bukti bahwa Rut bukan orang Moab namun telah terbukti bahwa Rut tidak berasal dari wilayah atau bangsa Moab. Mari mengingat kembali apa yang Tuhan katakan tentang Moab:

Ulangan 23:3 (TB-LAI)

Ulg 23:3 Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya,

Beberapa pertanyaan yang harus kita selesaikan adalah sebagai berikut:

1. Israel memiliki aturan ketat tentang kawin campur, lalu hukum Israel mana yang melegalkan pernikahan Mahlon dan Boaz dengan menikahi perempuan Moab?

2. Bagaimana orang Israel menaati Ulangan 23:3 sementara mereka mengizinkan Mahlon, Elimelek, Naomi dan akhirnya Boaz yang memasukkan Rut sebagai bagian dari keluarga mereka dan membawanya ke Israel?

3. Tua-tua Israel menyambut gembira kehadiran Rut sebagai bagian dari masyarakat Israel (Rut 4:11) artinya tidak ada penolakan masyarakat waktu itu. Bahkan menyamakan Rut sebagai Rahel dan Lea.

Rut 4:11 (TB-LAI)

Dan seluruh orang banyak yang hadir di pintu gerbang, dan para tua-tua berkata: “Kamilah menjadi saksi. TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu itu sama seperti Rahel dan Lea, yang keduanya telah membangunkan umat Israel. Biarlah engkau menjadi makmur di Efrata dan biarlah namamu termasyhur di Betlehem,

4. Jika Rut adalah keturunan Moab maka apakah hukum yang mengatur tentang perkawinan Levirat bisa dilakukan? Dasar apa yang digunakan oleh Naomi, Boaz maupun saudara penebus yang lebih dekat daripada Boaz itu? Apabila Rut adalah orang Moab maka bukankah dengan sendirinya aturan Levirat itu batal demi hukum?

5. Apakah Rut dan Orpha adalah penyembah berhala ataukah penyembah YAHWEH, Tuhan Israel??

Jika melihat kembali Bilangan 25, maka akan menimbulkan tanda tanya yang besar, jika pada masa lalu hukuman Tuhan begitu dahsyat sampai Ia membinasakan 24 ribu orang, lalu alasan apa bagi orang-orang ini untuk bebas dari hukuman? Mahlon, Boaz, Naomi, Elimelek dan semua orang yang menyambut dia di Betlehem-Yehuda??

Mari melihat kembali apa yang dituliskan dalam Kitab Rut:

Rut 1:1 (TB-LAI)

Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing.

Rut 1:1 (RNKJV)

Now it came to pass in the days when the judges ruled, that there was a famine in the land. And a certain man of Bethlehemjudah went to sojourn in the country of Moab, he, and his wife, and his two sons.

Kata “daerah” (country) di dalam daerah Moab sesuai konteks katanya artinya adalah wilayah bukan berarti suatu negara, hanya wilayah saja dengan berbagai atibutnya. Moab di sini adalah atribut wilayah sesuai sejarahnya sebagai wilayah Moab pada masa dahulu. Menurut kamus Strong:

H7704, שׂדי שׂדה

śâdeh śâday,

saw-deh’, saw-dah’ee

From an unused root meaning to spread out; a field (as flat): – country, field, ground, land, soil, X wild.

Contoh yang lain dari penggunaan kata daerah/country terdapat dalam 1 Samuel 27:5

1 Samuel 27:5 (TB-LAI)

Berkatalah Daud kepada Akhis: “Jika kiranya aku mendapat belas kasihanmu, biarlah diberikan kepadaku tempat di salah satu kota di tanah datar, supaya aku tinggal di sana. Mengapa hambamu ini tinggal padamu di kota kerajaan ini?”

1 Samuel 27:5 (KJV)

And David said unto Achish, If I have now found grace in thine eyes, let them give me a place in some town in the country, that I may dwell there: for why should thy servant dwell in the royal city with thee?

Kata yang dipakai juga sama (ha) sadeh yang diartikan KJV “country“. Jadi “country of Moab” tidak bisa diartikan negara Moab, searti sebagai kota2 berkubu pada masa itu. Sedangkan kata “plains of Moab” yang dipakai KJV dalam Bilangan 33:50 adalah arabah.

H6160,

ערבה

ărâbâh

ar-aw-baw’

From H6150 (in the sense of sterility); a desert; especially (with the article prefixed) the (generally) sterile valley of the Jordan and its continuation to the Red Sea: – Arabah, champaign, desert, evening, heaven, plain, wilderness. See also H1026.

Selanjutnya harus diingat bahwa masa hidup Rut adalah pada masa para hakim memerintah (Rut 1:1). Jadi masing-masing suku dan kaum memiliki hakimnya sendiri-sendiri, tidak saling mencampuri urusan suku lain.

Elimelek berasal dari suku Yehuda. Ketika kelaparan melanda mereka pergi dari Betlehem-Yehuda dan pergi ke daerah Moab “country of Moab/plains of Moab” yang adalah milik pusaka suku Ruben, Gad dan Manasye. Jadi Rut adalah orang Israel (entah suku Ruben, Gad atau Manasye).

Rut 2:11 (TB-LAI)

Boas menjawab: “Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati, dan bagaimana engkau meninggalkan ibu bapamu dan tanah kelahiranmu serta pergi kepada suatu bangsa yang dahulu tidak engkau kenal.

Mari membahas siapa Tuhan yang disembah oleh Rut dan Orpha. Apakah mereka penyembah berhala ataukah penyembah YAHWEH sebelum masuk keluarga Naomi?

Rut 1:16 (TB-LAI)

Tetapi kata Rut: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Rut 1:16 (RNKJV)

And Rut said, Intreat me not to leave thee, or to return from following after thee: for whither thou goest, I will go; and where thou lodgest, I will lodge: thy people shall be my people, and thy Elohim my Elohim:

Rut 1:16 (KJV)

And Ruth said, Intreat me not to leave thee, or to return from following after thee: for whither thou goest, I will go; and where thou lodgest, I will lodge: thy people shall be my people, and thy God my God:

Kata Elohim selalu diterjemahkan sebagai Tuhan atau tuhan atau ilah. Namun mari melihat definisi Strong tentang Elohim.

H430

אלהים

‘ĕlôhı̂ym

el-o-heem’

Plural of H433; gods in the ordinary sense; but specifically used (in the plural thus, especially with the article) of the supreme God; occasionally applied by way of deference to magistrates; and sometimes as a superlative: – angels, X exceeding, God (gods) (-dess, -ly), X (very) great, judges, X mighty.

Elohim memang bisa diartikan Tuhan namun juga bisa berarti malaikat, yang (maha) kuat, hakim-hakim, penguasa. El adalah dewa Sumeria yang berarti “yang kuat” dan kata ini menjadi kata umum sebutan untuk pribadi Tuhan. Seperti dalam bahasa Jawa kita mengenal kata “Gusti“, kata ini bisa berarti Tuhan (Dewa) namun juga berarti penguasa/raja (prabu; Gusti Prabu). Penggunaan huruf kapital untuk God dan Elohim adalah interpretasi penerjemah karena kata Hebrew tidak mengenal kapitalisasi. Oleh karena itu interpretasi yang tepat dari kata elohim dalam ayat 16 adalah hakim-hakim, yaitu hakim-hakim yang memerintah suku Ruben, Gad atau Manasye. “thy people” artinya adalah suku Yehuda sedangkan “my people” adalah suku Ruben, Gad atau Manasye. “thy elohim” artinya adalah hakim-hakim suku Yehuda dan “my elohim” adalah hakim-hakim suku-suku Ruben, Gad atau Manasye. Bukti bahwa Rut adalah penyembah YAHWEH terdapat dalam ayat 17.

Rut 1:17 (RNKJV)

Where thou diest, will I die, and there will I be buried: YHWH do so to me, and more also, if ought but death part thee and me.

1 Samuel 3:17 RNKJV)

And he said, What is the thing that YHWH hath said unto thee? I pray thee hide it not from me: Elohim do so to thee, and more also, if thou hide any thing from me of all the things that he said unto thee.

Rut bersumpah demi nama YAHWEH, yang merupakan kebiasaan sumpah di wilayah Timur Tengah, khususnya di Israel, adalah sumpah kepada YAHWEH. Menunjukkan bahwa Rut menyembah YAHWEH, elohim Israel, dalam kehidupan pribadinya.

Nah, selesai sudah. Rut adalah orang Israel, penyembah YAHWEH. Maka garis keturunan Messias ternyata tidak tercemar oleh bangsa Moab, yang oleh YAHWEH sendiri dilarang masuk dalam jemaah-Nya. Pemahaman ini konsisten dengan semua kebenaran yang saya ketahui tentang Tuhan dan Kebenaran-Nya.

“Oh, hwhuuuuy, aku sungguh-sungguh

mengasihi-Mu dan kebenaran-Mu”

(Matius 6:33)

Oleh kemurahan-Nya, Danang Dwi K.

Minggu, 20 Maret 2011. 09:04

Jika Anda ingin mendiskusikan artikel ini secara bebas dan tertutup dari publik, dipersilakan bergabung di Sekolah Filosofi El-Tsaddik (khusus kalangan sendiri)

http://diskusi.danangdk.co.cc/benarkah-rut-adalah-orang-moab-t3.html

 
Komentar Dinonaktifkan pada Benarkah Rut adalah Orang Moab?

Ditulis oleh pada Agustus 16, 2012 in Doktrin/PA

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: