RSS

Judaism, Apakah Itu?

22 Jul

http://www.jewfaq.org/judaism.htm

Karena tidak ada terjemahan resmi dari Judaism dalam bahasa Indonesia, maka penulis, Danang DK, akan menggunakan istilah Yudaisme, yang merupakan singkatan dari Yehudaisme atau agama bangsa Yehuda/Yehudim.
Apakah Yudaisme itu? Apakah artinya menjadi seorang Yahudi? Kebanyakan orang, baik orang Yahudi sendiri maupun Non-Yahudi, akan beranggapan bahwa Yudaisme adalah sebuah agama. Namun, banyak juga kaum atheis yang menganggap dirinya orang Yahudi. Apakah Yudaisme adalah sebuah ras?

Apakah Yudaisme adalah Sebuah Agama?

Secara jelas, memang ada sebuah agama yang bernama Yudaisme, sebuah kumpulan pemahaman tentang dunia ini dan bagaimana kita harus menjalani hidup. Agama ini dipelajari dalam pembelajaran2 religius dan diajarkan kepada anak2 keturunan yahudi dalam sekolah2 Yahudi. Ada banyak variasi dalam berbagai aspek bidang hidup dan berbagai pertentangan dalam beberapa hal , namun semuanya diakomodasi dalam sistem kepercayaan “Yudaisme”.

Namun, banyak juga orang-orang yang mengakui diri sebagai orang Yahudi tidak mempercayai agama dalam hidupnya. Lebih dari separuh yahudi yang tinggal di Israel sekarang ini menyebut dirinya sebagai orang sekuler, tidak mempercayai Yahuweh ataupun berbagai aspek kepercayaan dalam Yudaisme. Separuh dari orang-orang Yahudi di Amerika Serikat tidak aktif dalam sinagoge manapun. Mereka mungkin mempraktekkan beberapa ritual Yudaisme dan merayakan beberapa hari rayanya, namun mereka melakukannya sebagai aktifitas sosial dan tidak memaknainya secara religius. Baik kaum Yahudi tradisional maupun Yahudi liberal semuanya menganggap bahwa kaum sekuler ini tetaplah orang Yahudi sekalipun mereka tidak mempercayai Yudaisme.

Apakah Yahudi itu sebuah ras?

Pada tahun 1980,  Mahkamah Agung PBB memutuskan bahwa istilah Yahudi berarti suatu ras, serupa seperti ras Italia atau ras Negro. Banyak kaum Yahudi tidak setuju dengan pemahaman seperti itu sebab hal itu mengingatkan mereka akan Holocaust yang dilakukan Nazi karena menganggap ras Yahudi haruslah dimusnahkan dari muka bumi.

Nenek moyang Yahudi memang bisa menjadi dasar menjadi Yahudi, tentu hal itu bisa dibuktikan dengan penelitian DNA, namun menjadi Yahudi juga bisa dilakukan dengan bertobat menjadi Yahudi. Namun pemahaman menjadi Yahudi yang terpenting adalah bahwa semua yang mengaku Yahudi adalah satu keluarga.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 22, 2012 in Orthodox Judaism

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: